Satu Bumi, Miliaran Dunia, Satu Koneksi

Bismillaahirrahmaanirrahiim...


Explore Your Connection Life, Explore A New World...

Manusia tinggal di bumi yang satu, tapi tidak selalu satu "dunia". Ya, setiap orang memiliki dunianya masing-masing. Kalo ada dua orang bertemu dari dua backgroung yang berbeda kita seringkali menyebut istilah "beda dunia" atau "beda alam". Padahal sama-sama masih nginjak Planet Bumi. Aneh kan? He he he

Pernah nggak sih, Anda merasakan hal ini : bertemu seseorang yang baru, lalu Anda merasa seperti menemukan "Dunia Baru" yang sama sekali berbeda dari yang pernah Anda alami. Mungkin saja hal itu sering terjadi kan?

Namun saya punya pengalaman yang baru saya rasakan belakangan ini. Di era internet ini, menjadi semakin mudah untuk menelusuri "dunia seseorang". Kita bisa dengan lebih mudah mengetahui latar belakang dan aktifitas seseorang : di mana ia bekerja, menikah dengan siapa, punya prestasi apa saja, hobinya apa, pernah jalan-jalan ke mana saja, bahkan sampai curhat-curhatnya. Selama orang tersebut menghendaki, info apapun dapat diketahui oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Revolusi

Tak jarang saya iseng menelusuri teman lama yang kini sudah jarang berkomunikasi. Saya tinggal baca facebook pagenya, blognya, atau ikuti twitternya. Dalam beberapa menit atau bahkan detik saya bisa mengetahui banyak hal yang baru tentang teman saya tersebut. Sebutlah si Fulan, yang dulu teman satu kampus, setelah beberapa tahun sekarang saya bisa tahu dia sudah menikah, punya anak, punya jabatan, dll hanya dari internet. Asalkan orang tersebut memang rajin menuliskan kehidupannya di internet. Kalau tidak ya, harus bertanya langsung.

Yang ingin saya garis bawahi di tulisan saya ini adalah, betapa menariknya kehidupan sosial sekarang. Kemajuan IT yang sangat pesat menjadikan adanya sebuah "Techno-Social Revolution", alias revolusi sosial akibat kemajuan teknologi. Ketika seseorang berinteraksi dengan komunitas sosialnya via internet, ia dapat menjelajahi "dunia baru" dari kawannya. Ia dapat menemukan hal-hal baru yang tidak pernah dirasakan. Dan menemukan kejutan-kejutan yang menyenangkan.

Inspirasi

Membaca kehidupan seseorang via internet (facebook, twitter, blog, linkedin, dll) terkadang membawa inspirasi bagi saya. Terus terang saya jadi rajin menulis setelah membaca blog-nya Pak Budi Rahardjo, dosen saya waktu kuliah di ITB. Di sela kesibukannya dia amat rajin menulis dan mengupdate blognya hampir setiap hari. Dari mulai hal ringan hingga hal rumit berbau teknis yang berkaitan dengan pekerjaannya. Itulah yang menginspirasi saya untuk lebih sering menulis.

Masih banyak lagi teman-teman saya yang lain yang bisa saya jadikan inspirasi. Ada teman yang jalan-jalan ke suatu tempat wisata yang menarik, jadi inspirasi saya untuk mengunjunginya juga. Atau tempat makan yang enak, hobi yang seru, dll.

Senjata

Tentu saja sifat teknologi sebetulnya bagaikan sebuah Senjata. Apabila berada di tangan orang yang tepat dan berniat baik, akan menjadi sangat bermanfaat. Lain halnya bila berada di tangan orang yang tidak tepat dan berniat tidak baik, juga dapat menjadi sangat merugikan. Marak juga kan kasus-kasus penipuan akibat media sosial? Itulah pentingnya kita berhati-hati.

Wallahu a'lam bishshawwaab...


Semarang
11042012


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar